kholif fah
CONTOH RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN

Sekolah :  SMP NEGERI 2 KEMALANG KLATEN
Matapelajaran  Bahasa Jawa
Kelas/Semester   VII /1
Materi Pokok    Teks Cerita Pengalaman
Alokasi Waktu     3 X pertemuan (6 jp)

A. Kompetensi Inti (KI) 
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam  dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian nyata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator 
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.4 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa,  sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.4.1 Terbiasa berdoa kepada Tuhan Maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran teks naratif tentang cerita pengalaman

1.4.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai sarana menyajikan teks naratif tentang cerita pengalaman
.

2.4 Menunjukkan sikap  menghargai berperilaku jujur, disiplin,dan tanggung jawab dalm menyampaikan informasi atau tanggapan berbagai hal / keperluan sesuai dengan tata krama Jawa.


2.4.1 Terbiasa membantu teman sejawat dalam memecahkan masalah.

2.4.2 Terbiasa memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah

2.4.3 Terbiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang lain.

2.4.4 Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin

2.4.5 Terbiasa bersikap jujur dalam berkarya

.
3.4  Memahami isi teks cerita pengalaman
3.4.1Membaca pemahaman teks cerita pengalaman
3.4.2 Menjawab pertanyaan bacaan tentang teks cerita pengalaman
3.4.3. Menceritakan kembali isi bacaan cerita pengalaman
4.4 Menulis teks cerita pengalaman
4.4.1 Mendengarkan Wacana dengaran cerita pengalaman yang mengesankan.
4.4.2 Mencatat pokok-pokok cerita isi cerita pengalaman
4.4.3 Menulis teks cerita pengalaman
4.4.4 Menanggapi cerita pengalaman yang didengarkan dalam ragam krama.

.
4.5Membaca nyaring dan menulis teks 1 (satu) paragraph berhuruf Jawa
4.5.1 Membaca kalimat berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan.
4.5.2 Menyalin kalimat berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan ke huruf latin
4.5.3 Membaca teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan.
4.5.4 Menyalin teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan ke huruf latin.

C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti  kegiatan pembelajarandiharapkan peserta didik dapat :
1. Berdoa kepada Tuhan Maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran materi teks naratif tentang cerita. atau kejadian
2. Menggunakan bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa dengan baik.3. Menanggapi pendapat teman tentang  teks yang dibaca tentang cerita pengalaman dengan jujur,dan tanggung jawab.
3. Bertanya jawab tentang isi cerita pengalaman yang dibaca dengan tanggung jawab.
4. Berdiskusi dan mengartikan kata-kata sulit dalam teks cerita tentang pengalamanyang dibaca dengan tanggung jawab dan jujur.
5. Berlatih menemukan pokok-pokok cerita pengalaman yang dibaca dengan tanggung jawab dan jujur
6. Mengungkapkan isi cerita pengalaman yang dibaca dengan tanggung jawab dan jujur.

Pertemuan 2
1. Mendengarkan wacanadengaran tentangcerita pengalaman.
2. Bertanya jawab tentang  pokok-pokok isi wacana dengaran cerita pengalaman dengan tanggung jawab.
3. Mendiskusikan tentang pokok-pokok isi cerita pengalaman untuk diceritakan kembali dan ditanggapi dengan tanggung  jawab.
4. Menulis hasil diskusi tentang pokok-pokok isi cerita pengalaman dengan jujur
5. Menyusun tanggapan tentang isi cerita pengalaman yang didengarkan  dengan tanggung jawab.
6. Menulis cerita pengalaman dalam ragam krama dengan tanggung jawab.



Pertemuan 3
1. Mengamati kalimat dan teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan dengan tanggung jawab.
2. Bertanya jawab tentang cara membaca kalimat dan teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan dengan jujur dn tanggung jawab.
3. Berdiskusi cara mengalih aksarakan kalimat dan teks huruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan ke huruf latin dengan tanggung jawab.
4. Berlatih mengalih aksarakan kalimat dan teks huruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan dengan tanggung jawab.
5. Meyajikan pembacaan kalimat dan teks berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan dengan jujur dan tanggung jawab.





D. Materi Pembelajaran

Pertemuan 1
1. Teks Cerita Pengalaman Pribadi 
BIS CEPET SIRAHKU MUMET
          Nalika umurku telung taun, aku menyang Taman Safari bareng karo keluargaku ing Prigen Pasuruan. Sakdurunge budhal akusakeluarga nyiapakebarang-barang sing arep digawa. Sakwise kabeh siap,aku banjurmangkat tabuh 06.00 saka ngomah numpak bis jurusan Pasuruan. Ing jero bis aku kepengin mutah amarga bis lakune cepet sing ndadekakeaku dadi mabuk darat. 
“Bu, sirahku ngelu, wetenge muneg-muneg pengin mutah!”
“Mengko dhisik, Le!”Sabar dakgolekke kresek!”
Untunge ibuku ngasta  kresekkanggo jaga-jagayen aku lan keluarga nganti mutah. Pungkasane aku bisatekan Pasuruan njujug menyang Taman Safari.Ana ing Taman Safari akusakeluarga padha bungah atine amarga bisa slamet tekanPasuruan.Sakbanjure aku sakeluarga mlebu Taman Safari 2, ana ing konomubeng-mubeng nonton sawernaningsatokewan sing durung dakweruhiSakwise katog anggone plesir ing Taman Safari, aku sakeluarga banjur mulih.
Anggitane : Sekar Giri
2. Kata-kata yang dianggap sukar dalam teks
rekreasi plesir, piknik
budhal mangkat
muneg-muneg kruwel-kruwel
mabuk mendem
sato kewan sawernaning kewan
Tabuh = jam
0 Responses

Posting Komentar