CONTOH RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/ Semester : VIII/ 1
Materi Pokok :Pesan/ Iklan
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan (4 jp)
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait dengan
fenomena dan kejadian nyata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
3.4. Memahami
wacana yang berisi pesan/iklan
|
3.4.1.
Mendengarkan pesan/ iklan berbahasa Jawa.
3.4.2. Menjawab
pertanyaan tentang isi pesan/ iklan berbahasa Jawa
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat:
1. Berdoa kepada Tuhan maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan
pembelajaran materi pesan/ iklan
2. Menggunakan bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa dengan
baik.
3. Mendengarkan pesan berbahasa Jawa
4. Mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi pesan berbahasa
Jawa yang di dengarkan dalam ragam krama dengan jujur, disiplin dan tanggung
jawab.
5. Mendiskusikan isi pesan dengan jujur, disiplin dan tanggungjawab.
6. Mengelompokkan macam-macam pesan.
7. Mengungkapkan isi pesan yang didengarkan secara tertulis dengan
jujur, disiplin dan tanggungjawab
Pertemuan 2
1. Disajikan
iklan
berbahasa Jawa, peserta didik dapat membaca iklan/ pesan
dengan tanggung jawab
2. Menjawab
dan mengajukan pertanyaan tentang isi iklan dengan santun
3. Menulis
ringkasan iklandengan tanggung jawab
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan
1
1.
Contoh
iklan
Pertemuan 2
1.
Iklan
2.
Isi
iklan
3.
Ciri-ciri
iklan
Metode
Pembelajaran
Pendekatan :
scientific
Metode :
diskusi, tanya jawab, penugasan
E.
Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1. Media
: 1. Iklan
(dengaran)
2. Lap
top, LCD, Speaker
2. Sumber
Belajar : Iklan dari internet,kalawarti,kamus
unggah-ungguh basa
krama
Iklan
Layanan Masyarakat
Slamet :
“Kena apa adhimu kok nangis, Jo?”
Paijo :“Tinah nangis ora tak apak apake kok, Tinah
kuuwi mung kepingin sekolah nanging wong tuwaku ora duwe ragad.”
Slamet : “Lho,
kowe kuwi ya ketinggalan sepur. Saiki ana BOS, dadi nasibe
adhimu ngono kuwi bisa ditulungi, lan mesthi bisa sekolah!
Paijo : “Bos sapa sing gelem mbantu ragad sekolah?”
Slamet : “Dudu
Bos panggedhe utawa juragan. BOS ing kene tegese Bantuan Operasional Sekolah.
Asale saka pamarentah kanggone ragad sekolah ya ragad pasinaone, kanggo
nganakake buku perpustakaan, lan kabeh thethek bengeke bocah sekolah.”
Narator : BOS
(bantuan operasional sekolah) ........
Paijo : “ wah yo mathuk kuwi. Yen ngono aku dakmatur bapak, yen ana BOS.”
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
RINCIAN
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pendahuluan
· Siswa berdoa sebelum belajar
· Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Apersepsi: menunjukkan contoh iklan untuk membangkitkan minat
peserta didik
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10
menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kegiatan Inti
o Peserta didik memperhatikan iklan.
o Peserta didik mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi iklan.
o Peserta didik berdiskusi tentang isi iklan.
o Peserta didik menyampaikan hasil isi iklan.
|
60
menit
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penutup
·
Guru bersama peserta didik
menyimpulkan materi PBM.
· Guru
bersama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil
pembelajaran yang telah dicapai.
· Peserta
didik menyampaikan rasa puas atau tidaknya mengikuti kegiatan pembelajaran
Pertemuan 2
Pendahuluan
· Siswa
berdoa sebelum belajar
· Memeriksa
kehadiran dan kesiapan peserta didik
· Guru
memberikan apersepsidengan bertanya jawab berkaitan dengan materi iklan
yang telah dikuasai yaitu berkaitan dengan isi iklan.
Kegiatan Inti
o Peserta
didik mendengarkan contoh iklan.
o Peserta
didik mengajukan dan menjawab pertanyaan tentang isi iklan.
o Peserta
didik berdiskusi tentang isi iklan yang didengar.
o Peserta
didik berlatih membuat iklan.
o Peserta
didik menyampaikan hasil pembuatan iklan.
Penutup
o
Siswa
dan guru menyimpulkan materi yang dipelajari dengan percaya diri.
o
Siswa
melakukan refleksi terkait pembelajaran yang baru berlangsung dengan membuat
catatan penguasaan materi dengan jujur.
o Siswa menerima tugas dari guru mencari contoh iklan
dengan percaya diri.
PENILAIAN
1.
Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian : observasi
b.
Bentuk Instrumen :
lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Nama : _______________
Kelas : _______________
Keterangan:
1 = tidak pernah 3 = sering
2 = kadang-kadang 4 = selalu
2.
Penilaian Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
A.
Penilaian sikap sosial untuk diskusi
B.
Penilaian sikap sosial dalam kegiatan menanggapi hasil karya
teman dn berkarya
Objek : Iklan
C. Lembar
Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Menanggapi Karya dan Berkarya
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda
silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)
Pedoman Penskoran:
Pilihan “Ya”
diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal
berjumlah 4
butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
3.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes Objektif
b. Bentuk Instrumen : Tes Uraian
c. Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Pengetahuan (K3)
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal :
1. Tulisen
isine iklan kasebut kanthi ringkes!
2. Wangsulana
pitakon ing ngisor iki!
a. Apa
kang ditawakake ing iklan kasebut?
b. Unggah-ungguh
basa apa kang digunakake?
c. Sebutna
gejala sakit maag!
d. Kepriye
kasiate obat promaag?
e. Sebutna
babagan kang narik kawigaten ing iklan kasebut?
Wangsulan:
1. Kawicaksanaan guru
2. Wangsulan pitakon
a.
Obat sakit maag
b.
Basa krama
c.
padharan kraos mual, mules,
perih, lan kembung
d.
sakit maag langsung bablas
e.
kawicaksanaan guru
Pedoman Penskoran:
Indikator 1: Struktur kalimat skor 25
ragam bahasa skor 25
Indikator 2: Setiap jawaban benar
diberi skor 10, sedangkan jawaban salah diberi skor 0. Karena soal berjumlah 5 butir maka jumlah skor 50
sehingga jumlah skor indikator 1 dan 2 berkisar antara 0 sampai 100.
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Tes praktik
b.
Bentuk Instrumen : Tes uji petik kerja dan produk
c.
Kisi-kisi :
Instrumen
Penilaian Keterampilan (K4)
Nama : ______________________________
Kelas : ______________________________
Soal:
1. Goleka iklan mwa basa Indonesia banjo
owahana kanthi basa jawa!
Keterangan:
4 = Sangat Baik 2 = Cukup
3 = Baik 1 = Kurang
Penghitungan
nilai akhir : Nilai akhir : skor yang diperoleh
---------------------------- X 100
Skor
maksimal
|
10
menit
10
menit
60
menit
10
menit
|
Posting Komentar